Usia Aman Untuk Hamil

Ternyata masih banyak perempuan yang bertanya kapan sebenarnya usia yang tepat atau ideal untuk memiliki anak. Karena perempuan akan dikejar oleh usia produktif dan usia rawan untuk hamil.

Usia seorang ibu merupakan faktor penting dalam menentukan waktu yang ideal untuk hamil. Tubuh Perempuan akan mengalami perubahan sepanjang hidupnya, karena itu perempuan ingin memiliki anak pada usia yang ideal. Selain umur, kondisi fisik juga menjadi faktor penentu, seorang wanita muda mungkin lebih berpengalaman dan mampu dalam membesaran anak.

Secara fisik usia ideal untuk hamil adalah antara umur 18 sampai 20 tahun. Karena pada usia tersebut seseorang perempuan kemungkinan memiliki lebih sedikit mengalami komplikasi dan memiliki tubuh yang sehat dan subur.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kesuburan seorang perempuan mulai menurun setelah berusia 20 tahun dan akan menurun dengan cepat setelah berusia 35 tahun. Karenanya pada usia tersebut dianggap ideal untuk memiliki anak.

Tapi faktor lain harus dipertimbangkan oleh perempuan. Anak merupakan investasi masa depan dan seharusnya perempuan yang memiliki anak harus siap secara finansial dan emosi. Harus dipertimbangkan pula apakah dapat memberikan anak kasih sayang sepenuhnya, kesehatan dan pendidikan yang baik.

Sementara usia remaja lebih beresiko mengalami komplikasi pada kehamilannya, serta angka kematian bayi lebih tinggi terjadi pada remaja yang hamil. Remaja yang sudah menjadi ibu biasanya belum siap secara finansial dan emosi untuk memiliki anak.

Untuk perempuan yang berusia di atas 35 tahun secara fisik bukan usia yang ideal untuk memiliki anak. Karena pada usia tersebut produksi hormon progesteron sedikit, padahal hormon tersebut penting untuk membantu penanaman sel telur dalam lapisan rahim. Perempuan yang berusia 35 tahun ke atas kemungkinannya kecil untuk bisa hamil secara alami dan beresiko mengalami keguguran.

Tentu saja hal terpenting yang harus dipikirkan dalam menentukan waktu untuk memiliki anak adalah kesiapan secara fisik, emosi dan keuangan.

Kehamilan merupakan hal yang didambakan semua wanita setelah menikah. Kehamilan harus direncanakan dengan baik agar bisa menghasilkan keturunan yang optimal. Bagi seorang wanita usia kehamilan yang ideal berada pada rentang umur 20-35 tahun. Wanita hamil pada usia di bawah 20 tahun atau usia di atas 35 tahun memiliki resiko tinggi seperti kematian pada anak, dan abortus spontan. Pakar obstetri dan ginekologi dari FakultasKedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof.Dr.dr Brian Affandi, Sp.OG mengatakan bahwa ibu yang hamil pada usia 20 tahun belum siap secara mental dan emosional. Kondisi tersebut bisa berakibat buruk bagi ibu hamil dan kandungannya.

Tingginya angka perceraian dan kematian anak disebabkan belum siapya kondisi emosional seorang ibu yang berusia di bawah 20 tahun. Hal ini sebagai mana dituturkan oleh Prof.Dr.dr Brian Affandi, Sp.OG. Begitu pula dengan wanita hamil yang berusia di atas 35 tahun. Menurut pakar obstetri dan ginekologi tersebut, pada usia di atas 35 tahun, bibit kesuburan wanita akan menurun. Akibatnya, ketika mereka hamil akan timbul kelainan pada janin dan menyebabkan abortus spontan. Kemungkinan aborsi pada wanita hamil usia di atas 35 tahun sebesar 40%.

"Kehamilan paling ideal di usia 20-35 tahun. Di rentang usia tersebut, jika jarak kelahiran 2-4 tahun maka butuh alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan," ujarnya. Terkait ketersediaan alat kontrasepsi, beliau mengusulkan agar pemilihan alat kontrasepsi disesuaikan kondisi setiap orang karena masing-masing berbeda-beda. 

Comments

Popular posts from this blog

OLAHRAGA SAAT HAMIL

17 Pertanyaan Seputar Perkembangan Ibu dan Janin dalam Kandungan

Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir